Salah satu bagian tubuh yang istimewa dan hanya dimiliki oleh kita kaum perempuan adalah payudara. Bukan hanya dari segi penampilannya yang sering diidentikkan dengan keindahan atau menjadi keterterikan seksual bagi laki-laki, tetapi karena payudara wanita memiliki peranan penting untuk member nutrisi pada bayi. Tidak dapat dipungkiri bahwa air susu ibu merupakan cairan yang paling padat nutiris dan pa;ing sesuai untuk bayi. Payudara kita mulai tumbuh ketika kita mengalami puber atau mungkin saja tumbuh lebih cepat akibat nutrisi yang sanagta baik ataupun akibat kegemukan, meski ukuran sempurnanya baru akan dicapai setelah masa pubertas berakhir. Pertumbuhan payudara meliputi beberapa tahap. Dimulai dengan pertumbuhan putting susu yang tumbuh semakin membesar, melebar, serta sedikit mencuat keluar. Daerah gelap atauu aerola yang mengelilingu putting susu akan menjadi semakin gekap, dan setelah itu akan muncul kuncup payudara. Dan kuncup payudara inilah payudara secara bertahap akan berkembang dan terisi sampai ke ukuran sempurna yang menggantung.

caramembesarkanpayudara

Karena fungsi utamanya untuk menyusui maka payudara wanita memiliki bagian-bagian yang dapat memproduksi dan mengeluarkan susu. Payudara terdiri atas lemak dan kelenjar-kelenjar yang mengandung lobus-lobus dimana susu dihasilkan dan lalu dikeluarkan melalui puting payudara. Hormon oksitoksin akan memerintahkan pabrik susu untuk mulai memproduksi susu. Ini bukan berarti sewaktu-waktu susu dapat diprofuksi dan keluar dari payudara. Produksi susu mulai bekerja sewaktu seorang perempuan mengandung dan melahirkan bayi dan keluarnya air susu pun dirangsangan melalui isapan mulut bayi. Ketika seorang ibu menghentikan pemberian ASI maka kelenjar penghasil susu pun secara perlahan akan menghentikan membuat susu.

Pemberian ASI ini tidak hanya bermanfaat unuk bayi, tetapi juga untuk kesehatan ibu. Meski mekanisme pastinya belum diketahui, beberapa penelitian membuktikan bahwa pemberian ASI dapat mengurangi resiko kanker pun semakin berkurang. Karena bentuknya yang indah, payudara wanita sering menjadi perhatian. Tetapi banyak juga wanita yang merasa kurang puas dengan ukuran atauu bentuk payudaranya. Mungkin ada yang merasa payudaranya terlalu kecil atau mungkin terlalu besar sehingga menimbulkan rasa tidak pede.

Besar atau kecilnya payudara wanita yang tumbuh pada masa puber ditentukan oleh faktor genetic, dimana ukruan payudara ibu biasanya akan menurun pada anaknya. Selain itu, faktor nutrisi juga memegang peranan penting terutama pada saat payudara mengalami pertumbuhan. Ada juga yang mengatakan bahwa faktor ras berpengaruh pada ukuran payudara dimana perempuan Asia cenderung berpayudara kecil dibandingkan wanita di barat.

Setelah masa pubertas selesai, ukuran payudara wanta relative tidak akan berubah, kecuali pada kondisi tertentu seperti hamil dan menyusui dan juga ketika wanita mengalami penggemukan atau pengurusan badan secara drastic. Tetapu pada kondisi normal-normal saja, ukuran payudara akan sama saja. Meski diberbagai media sering diiklankan obat-obatan yang dapat mengubah bentuk payudara namun kita jangan mudah percaya, karena ukuran dan bentuk payudara hanya dapat diubah melalui tindakan operatif oleh dokter ahli bedah plastic.